Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Website.

Home > Jadi Programmer > Apa Itu Hosting atau Web Hosting

Apa Itu Hosting atau Web Hosting

Wander Computindo

Pengertian Hosting dan Web Hosting

Anda pernah mendengar web hosting atau hosting? Pasti saat ini Anda sedang bertanya-tanya, apa itu web hosting? Web hosting adalah layanan online untuk mengonlinekan website atau aplikasi web di internet.

Ketika Anda membeli dan mendaftar di suatu layanan hosting, pada dasarnya Anda sedang meminjam space di server, tempat menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan oleh website agar dapat bekeja sepenuhnya.

Ketika Anda membeli dan mendaftar di suatu layanan hosting, pada dasarnya Anda sedang meminjam space di server, tempat menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan oleh website agar dapat bekeja sepenuhnya.

Server merupakan komputer fisik yang dijalankan tanpa adanya interupsi sehingga website Anda bisa diakses kapan saja oleh siapa pun.

Web host bertugas untuk menjaga server agar tetap aktif dan berjalan, mengamankannya dari serangan cyber berbahaya, dan memindahkan konten (teks, gambar, file) dari server ke browser pengunjung situs Anda.

Web hosting adalah jasa penyewaan server dan aplikasi/softwarenya untuk keperluan web server. Secara definisi ruang lingkupnya hanya meliputi web server, tetapi secara praktis webhosting meliputi layanan untuk keperluan web server dan mail server.

Sedangkan Hosting Itu Sendiri Adalah : jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.

  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan di atas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Untuk keperluan web server ini sebagian webhosting memakai software LAMP. LAMP merupakan singkatan dari Linux Apache MySQL dan PHP. Linux sebagai unix operating system untuk server yang paling berkembang saat ini. Apache merupakan web server paling handal dan paling banyak digunakan. MySQL merupakan database tercepat untuk keperluan web dan merupakan database yang paling banyak dipakai. PHP merupakan bahasa web programming handal, paling mudah dipakai dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Kebutuhan akan webhosting merupakan kebutuhan setiap perusahaan yang ingin bertahan di era informasi ini. Dengan memakai jasa webhosting, perusahaan dapat memiliki company profile website, meningkatkan citra perusahaan, memudahkan pelanggan mengenal produk dan jasa kita dan juga melakukan penjualan langsung.

Nah, begitulah sekilas mengenai webhosting dan pengertian hosting.
Silahkan tambahkan pendapat kalian tentang hosting maupun web hosting di kolom komentar.

Salam Coding!

Star Rating:
0 (0)
Bagikan ke teman:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share!