Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Website.

Home > Kamus Teknologi > Mengenal Apa Itu Ajax di Pemrograman

Mengenal Apa Itu Ajax di Pemrograman

WanderCom-Pemrograman_Ajax

Pengertian Ajax Adalah..

Ajax adalah istilah dalam dunia pemrograman yang sering kali digunakan untuk menyebutkan proses dibalik layar, prosesnya pun bermacam-macam ada proses post data get data dan bahkan proses pencarian data dalam server yang semua dilakukan id balik layar, artinya seorang user tidak dapat melihat proses tersebut hanya terlihat (biasanya) loader icon berputar menunggu proses.

Website tidak hanya soal konten saja. Jika ingin menjadi webmaster, ada sejumlah hal yang harus Anda pahami, seperti apa itu AJAX. AJAX adalah sebuah singkatan dari Asynchronous Javascript and XML dan mengacu pada sekumpulan teknis pengembangan web (web development) yang memungkinkan aplikasi web untuk bekerja secara asynchronous (tidak langsung) – memproses setiap request (permintaan) yang datang ke server di sisi background. Agar lebih memahami apa itu AJAX, kami akan membahas terminologinya satu per satu.

JavaScript merupakan bahasa coding yang kerap digunakan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengelola konten dinamis website dan memungkinkan interaksi user yang dinamis. Layaknya HTML, XML atau eXtensible Markup Language adalah varian lain dari bahasa markup. Jika HTML dirancang untuk menampilkan data, maka XML dirancang untuk memuat dan membawa data.

Baik JavaScript maupun XML bekerja secara asynchronous di dalam AJAX. Alhasil, aplikasi web yang menggunakan AJAX dapat mengirimkan dan menerima data dari server tanpa harus mereload keseluruhan halaman.

Penggunaan Ajax Di Sekitar Kita

Anda pasti pernah mencari sesuatu di Google? Untuk lebih memahami pengertian AJAX dan penggunaannya, kita akan memisalkannya dengan fitur Google Autocomplete. Ketika Anda sedang mengetik kata kunci di Google, fitur ini akan menyelesaikannya untuk Anda. Meskipun keywordnya berubah-ubah secara real time, tampilan halamannya tetap sama. Pada awal tahun 90-an, di mana internet belum secanggih dan semasif sekarang, fitur tersebut mengharuskan Google untuk memuat halaman setiap kali rekomendasi kata kunci baru muncul di layar. Saat ini, dengan adanya AJAX, pertukaran data dan layar yang menampilkan data akan bekerja secara bersamaan tanpa menginterfensi atau mengganggu fungsi masing-masing.

Sebenarnya, konsep AJAX sudah ada sekitar pertengahan tahun 90an. Hanya saja, versi tersebut belum dikenal seperti sekarang. Popularitasnya baru menanjak ketika Google menerapkan konsep tersebut pada Google Mail dan Google Maps di tahun 2004. Sampai saat ini, AJAX telah digunakan di berbagai aplikasi web untuk mempersingkat proses komunikasi server.

Di era modern ini penggunaan ajax pada website modern antara lain:

Sistem voting dan rating

Bagi yang sering berbelanja online, pasti kerap diminta untuk memberikan rating bintang, kan? Atau mungkin juga pernah mengisi formulir voting online? Biasanya kedua sistem ini menggunakan AJAX. Setelah klik opsi rating atau voting, website akan memperbarui kalkulasi tapi tampilan halaman tetap sama, tidak ada yang diubah atau harus direload.

Chat room

Sebagian website ada yang mengaktifkan chat room bawaan di halaman utamanya. Chat room ini menjadi media bagi Anda untuk berkomunikasi dengan tim customer support. Anda tidak perlu khawatir fitur ini akan tertutup bilamana ingin membuka halaman lain dari website tersebut. AJAX tidak akan mereload halaman setiap kali Anda mengirimkan dan menerima pesan chat baru.

Notifikasi trending di Twitter

Twitter menggunakan AJAX untuk mengumumkan informasi atau notifikasi terbaru. Setiap kali ada tweet baru mengenai topik yang sedang trending, Twitter akan memperbarui notifikasi tanpa mengganggu fungsi halaman utama.

Dalam bahasa yang sederhana, AJAX memudahkan pekerjaan yang multitasking. Ketika ingin mengisi formulir voting online, misalnya, dan hanya fitur tersebut saja yang berubah tapi tidak dengan halamannya, maka website tersebut menerapkan konsep AJAX.

Keuntungan Ajax bagi pengguna sistem/website:

Fungsi AJAX adalah untuk mempersingkat atau mempermudah user experience. Pengunjung kini tak perlu lagi menunggu lama hanya untuk mengakses konten di situs Anda. Namun tentu saja, penggunaan AJAX setidaknya berdasarkan pada kepentingan dan keperluan Anda. Google, misalnya, memungkinkan usernya untuk memilih versi AJAX atau versi konvensional pada saat menggunakan Google Mail. Pahami kebutuhan dan kepentingan user dan gunakanlah AJAX dengan benar dan tepat.

Keuntungan Ajax bagi pengelola sistem/website:

Yang pasti adalah hemat resource, di mana permintaan data tidak memakan butuh banyak waktu dan tentu saja tidak akan membebani server, semua di handle oleh DOM ketika data hasil ajax sudah berhasil di ambil.

Bagaimana? Menarik bukan mengenai istilah ajax dalam dunia pemrograman?

Star Rating:
0 (0)
Bagikan ke teman:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share!