Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Website.

Home > Tutorial > Tutorial Install XAMPP Untuk Website Lokal di Komputer

Tutorial Install XAMPP Untuk Website Lokal di Komputer

Wander Computindo

Cara Install XAMPP di Windows

Bagaimana cara membuat website offline di laptop atau komputer? Caranya adalah dengan menggunakan XAMPP, kenapa memilih XAMPP karena lebih familiar dan sering sekali digunakan oleh para pengembang aplikasi. Berikut mari kita bahas cara membuat website offline di laptop atau komputer dengan XAMPP.

Installasi XAMPP

Singkatnya XAMPP adalah mesin untuk menghidupkan website di lokal, sehingga kita dapat mengakses seperti halnya mengakses domain di browser. Keunggulannya adalah lokal artinya tidak memerlukan akses internet. Aplikasi XAMPP ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung diunduh dari situs mereka. Isi aplikasinya juga sudah sangat komplit, antara lain:

  • Apache
  • MySQL
  • PHP
  • phpMyAdmin
  • FileZilla FTP Server
  • Tomcat
  • XAMPP Control Panel

Dan mungkin akan terus berkembang lagi, mengingat developer XAMPP masih terus melakukan inovasi.

Cara Install XAMPP di Windows:

Download aplikasi XAMPP terbaru, klik disini. Pilih salah satu (tips: jika Anda bingung, bisa pilih yang versi 5.6 dulu).

Double klik file XAMPP yang baru saja Anda download, nanti selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:

XAMPP: Pilih Bahasa

Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK.

Kadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.

XAMPP: Pilih OK Saja

Berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.

Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.

Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

XAMPP: Installasi Sukses

Berikutnya, akan muncul jendela dialog seperti gambar di bawah ini yang menanyakan Anda apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.

XAMPP: Installasi Sukses

Bagaimana Cara Menggunakan atau Menjalankan XAMPP?

  1. Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP. Atau, jika Anda membukanya begitu proses instalasi selesai maka klik Yes seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.
XAMPP: Control Panel

Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

XAMPP: Web server lokal sukses

Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web. Dengan kata lain sekarang anda memiliki website lokal di laptop atau komputer sendiri.

Silahkan menciptakan karya coding terbaikmu! 🙂

Dalam artikel selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara membuat aplikasi web sederhana di XAMPP.

Happy Coding!

Star Rating:
0 (0)
Bagikan ke teman:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share!