[X]
DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SETIAP PEKAN!

Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Aplikasi Website.

Home > Panduan Website > Cara Menguji Tag Meta Open Graph Website Untuk Facebook dan Twitter

Cara Menguji Tag Meta Open Graph Website Untuk Facebook dan Twitter

Open Graph Meta Tag
()

Bagaimana Cara Menguji Tag Meta Open Graph Website Untuk Facebook dan Twitter? Banyak sekali yang belum yakin dengan hasil optimasi tag meta open graph untuk keperluan SEO sebuah website.

Betapa pentingnya optimasi pada meta tag salah satunya pada open graph, apa itu open graph? dan apa fungsi dari open graph?

Mengenal Tag Meta Open Graph

Open Graph Meta Tag atau OG Tags adalah sebuah tag html khusus yang bertujuan agar social media mengenali sebuah halaman website saat dilakukan share ke salah satu sosial media, di antaranya Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Dengan adanya meta tag open graph akan mempermudah sebuah sistem sosial media, facebook misalnya untuk menampilkan rincian dari website tersebut.
Seperti judul, deskripsi dan banner gambar yang telah diatur sedemikian rupa melalui meta tag open graph.

Penulisan Tag Meta Open Graph

Cara Penulisan Open Graph, terdapat beberapa tag Open Graph dasar yang umum digunakan, yaitu untuk ditampilkan pada sosial media Facebook diantaranya:

og:url
Tag ini digunakan untuk mengatur canonical URL untuk halaman yang ingin Anda bagikan. Anda dapat menentukan satu halaman untuk digunakan sebagai ID permanen dalam grafik.

og:title
Tag ini untuk menjelaskan judul dari konten yang ingin Anda bagikan. Fungsi Open Graph title hampir sama dengan fungsi pada tag meta title di kode website Anda.

Bahkan, ketika Facebook tidak menemukan og:title tag di halaman Anda, maka Facebook akan menggunakan meta title sebagai penggantinya.

Judul memiliki peran penting untuk menarik perhatian target audiens, perlu diutamakan dan dipertimbangkan saat membuat judul yang dapat mendorong audiens untuk membuka link yang dibagikan.

Tidak ada batasan jumlah karakter dalam pembuatan judul, namun sebaiknya jumlah karakter yang digunakan adalah antara 60 dan 90.

og:description
Penulisan Open Graph untuk Tag og:description memiliki fungsi yang hampir sama dengan tag meta description dalam HTML.

Di sini Anda dapat mendeskripsikan secara singkat mengenai konten yang Anda bagikan. Jumlah karakter yang dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi adalah sekitar 200.

og:image
Tag og image menjadi perhatian banyak pemilik website. Dengan menampilkan gambar yang relevan, berkualitas, dan menarik maka Anda dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda sudah mengatur tag og image menggunakan gambar yang Anda inginkan karena terkadang Facebook menampilkan gambar yang tidak sesuai dengan konten yang Anda bagikan.

Resolusi gambar yang direkomendasikan untuk og image adalah 1200 piksel x 627 piksel dan tidak lebih dari 5MB.
Hal penting saat halaman web Anda adalah web statis dan tidak menggunakan Content Management System (CMS) maka Anda perlu mengubah og:image secara manual untuk setiap halaman.

og:type
Tag og:type umumnya untuk memberikan informasi berupa jenis objek yang dibagikan seperti blog post, video, gambar, atau yang lain.

Informasi untuk mengetahui daftar tipe objek dapat Anda lihat di ogp.me.
Jika Anda tidak menentukan tipe yang digunakan, secara default Facebook akan membacanya sebagai tipe “website”.

Selain beberapa tag di atas, untuk meningkatkan distribusi konten Anda di media sosial, Anda juga bisa mengatur menggunakan tag og yang lain. Beberapa tag ini dapat memberikan spesifikasi yang lebih mendalam.

og:locale digunakan untuk menentukan bahasa. Bahasa default yang digunakan adalah American English.
og:site_name dapat ditambahkan jika halaman atau objek yang Anda bagikan adalah bagian dari website yang lebih besar.
og:audio atau og:video untuk menambahkan file audio atau video pada objek yang Anda bagikan.
fb:app_id digunakan untuk menautkan objek dengan aplikasi Facebook.

Cara Menguji Tag Meta Open Graph

Setelah anda melakukan optimasi pada open graph, maka selanjutnya anda dapat melakukan pengujian dengan tools yang telah disediakan.

Pengujian untuk Facebook
Kunjungi link berikut https://developers.facebook.com/tools/debug/
Pengujian untuk Twitter
Kunjungi link berikut https://cards-dev.twitter.com/validator

Setelah anda mengunjungi halaman tersebut, maka cukup dengan memasukkan alamat website anda dan melakukan submit maka secara otomatis hasil Tag Meta Open Graph akan tampil dengan rinciannya.
Seperti judul, deskripsi, banner dan lainnya.

Kesimpulan

Dengan melakukan optimasi dan pengujian pada Tag Meta Open Graph sebuah website maka dapat membantu website anda semakin berkembang dan menarik banyak pengujung.

Nah itulah, Cara Menguji Tag Meta Open Graph Website Untuk Facebook dan Twitter

Star Rating:

Beri penilaian bintang untuk ini !

Kami senang atas respon anda...

Ikuti kami di sosial media untuk update terbaru!

Maaf atas ketidakpuasan anda!

Biarkan kami memperbaiki kesalahan!

Beri tahu kami apa yang perlu diperbaiki?

Bagikan ke teman:

Share!