[X]
DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SETIAP PEKAN!

Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Aplikasi Website.

Home > Panduan Website > Inode Unlimited Hosting Sebuah Bom Waktu

Inode Unlimited Hosting Sebuah Bom Waktu

Inode Unlimited Hosting
()

Apa itu Inode di unlimited hosting?

Buat anda yang sudah pernah memiliki web hosting dengan penyimpanan unlimited tentunya merasa tenang dan nyaman bukan? Eiits.. tunggu dulu ada sesuatu yang perlu anda tahu dibalik unlimited hosting. Apa itu?

Apa itu Inode di Unlimited Hosting?

Bagai bom waktu yang setiap saat bisa merubah keadaan anda yang memiliki web hosting unlimited, di kehidupan sering kita kenal bahwa ada paket Internet Unlimited memiliki istilah FUP atau Fair Usage Policy, dalam bahasa sehari-hari disebut juga sebagai “Batas Pemakaian Wajar”.

Yups, biarpun namanya unlimited. Tetap saja semua harus ada batas pemakaian wajar yaitu ada maksimal kondisi di mana anda sudah tidak bisa melakukan apapun itu.

Jadi Apa itu Inode?

Inode adalah batas penggunaan pada sebuah hosting unlimited, di sini dikarenakan tidak ada batasan ukuran file namun pihak penyedia hosting melakukan pembatasan pada jumlah file dan folder atau biasa di sebut dengan batasan Inode.

Inode merupakan sebuah struktur data yang terdapat informasi di dalamnya untuk sebuah objek dari berkas system (misal berupa file atau direktori). Jadi, akan ada sebuah inode di setiap file atau direktori folder yang terdapat pada sistem Linux.

Berikut Informasi yang tersimpan di inode berupa :

  • Tipe file
  • Permission
  • Ownership (termasuk grupnya)
  • Ukuran file
  • atime (Access time), mtime (modified time) dan ctime (change time)
  • jumlah softlinks dan/atau hardlinks
  • ACL / Access control list

Kemudian di kehidupan manusia menyebut semuanya ini menjadi nama file atau nama direktori. Sedangkan sistem membaca semua itu dari Inodenya.

Berapa Batasan Inode Unlimited Hosting?

Tenang, biasanya jumlah batasan untuk inode cukup besar ada ratusan ribu bahkan ada yang sampai satu juta inode, itu kembali tergantung pada tipe dan jenis paket unlimited hosting yang anda beli.

Bagaimana cara menghitung? Kita asumsikan di dalam akun hosting anda terdapat 3 direktori dengan 11 file, maka secara tidak sadar anda telah menggunakan 13 inodes. Untuk 5 direktori dan 14 file, maka penggunaan inode akan ada total 19 inodes. Dan seterusnya.

Tentu saja, semakin tinggi harga semakin tinggi pula inode yang anda dapatkan. Terlepas dari itu semua, jika dilihat untuk penggunaan sistem sederhana puluhan ribu inode saja sudah sangat cukup.

Bagaimana Jika Sudah Melampaui Inode?

Tidak menutup kemungkinan jika anda memiliki sebuah web ecommerce, tentu saja membutuhkan file gambar yang sangat banyak. Di dalam beberapa kasus, saat Inode sudah mulai mencapai pemakaian 50%, pihak hosting akan berhenti melakukan support seperti pemberhentian backup sistem dan lainnya tergantung kebijakan masing-masing penyedia hosting.

Saat sudah mencapai maksimal dari Inode yang ditentukan, anda tidak lagi dapat melakukan upload file, membuat folder dan lainnya yang berkaitan dengan file sistem. Hmm.. Sangat menyedihkan, inilah kenapa kami menyebutnya bom waktu di unlimited hosting.

Bagaimana Cara Penggunaan Inode Berlebih?

1. Lebih sering melakukan kontrol terhadap penggunaan file maupun folder. Pastikan bahwa anda menghapus file atau folder dan email yang dirasa tidak lagi digunakan.
2. Lakukan penggunaan memory cache. Jika aplikasi website anda menerapkan penggunaan cache, pastikan anda juga lebih sering melakukan purge/pembersihan pada cache yang lama dan dirasa tidak lagi digunakan oleh sistem website Anda.

Nah, itulah artikel tentang Inode Unlimited Hosting Sebuah Bom Waktu. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari pengertian dari Inode di Unlimited Hosting.

Jasa Pembuatan Aplikasi Website? Hubungi Kami, dan dapatkan harga menarik!

Star Rating:

Beri penilaian bintang untuk ini !

Kami senang atas respon anda...

Ikuti kami di sosial media untuk update terbaru!

Maaf atas ketidakpuasan anda!

Biarkan kami memperbaiki kesalahan!

Beri tahu kami apa yang perlu diperbaiki?

Bagikan ke teman:

Share!