[X]
DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SETIAP PEKAN!

Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Aplikasi Website.

Home > Panduan Website > Kenali Perbedaan Override dan Overwrite di Istilah Pemrograman

Kenali Perbedaan Override dan Overwrite di Istilah Pemrograman

Perbedaan Override dan Overwrite
()

Dunia Pemrograman merupakan dunia kedua bagi seorang programmer, di mana mereka dapat memerintahkan sebuah sistem dengan bahasa program yang dimiliki. Perbedaan override dan overwrite masih sangat sering dibicarakan di forum dan kelompok pemrograman.

Namun, masih banyak programmer yang belum begitu memahami perbedaan antara Override dan Overwrite.

Pengertian Override dan Overwrite?

Pada dasarnya kedua istilah itu hampir sama namun berbeda konteks, berikut penjelasannya.
Override adalah sebuah teknologi atau kemampuan kode program yang dapat menjadikan class turunan atau subclass (sering juga disebut child), di mana subclass atau child tersebut bisa mengupdate (override) variabel yang ada di parent class (parent/induk atau class atasnya).

Mengupdate di sini bisa diartikan sebagai mengganti perintah, membuat perintah baru, memodifikasi perintah, dan mengembangkan perintah.
Sedangkan, Overwrite adalah istilah sebagai tindakan menimpa, mengganti data yang sudah ada sebelumnya.

Apa Perbedaan Override dan Overwrite?

Yang membedakan secara jelas adalah overwrite bersifat permanen dan secara penuh menimpa data yang sebelumnya, namun hal ini berbeda jika anda masih memiliki akses fitur undo. Sehingga mampu membatalkan proses overwrite sebelumnya.

Sedangkan override lebih fleksibel, yaitu sewaktu-waktu jika membutuhkan data lama. Maka, nilai variabel override yang dibuat sebelumnya dapat di hilangkan.

Setelah variabel override dihilangkan maka secara otomatis data akan kembali menjadi data lama, seperti sebelum proses override dilakukan.

Di sini terlihat bahwa override lebih friendly diterapkan daripada melakukan overwrite atau menimpa dengan data baru secara overwrite. Biarpun keduanya memiliki kata hampir sama namun, kita kini tahu kapan masing-masing istilah ini digunakan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa, Overwrite dan Override adalah sama-sama menimpa data lama yang sebelumnya sudah ada, yang membedakan adalah kemampuan mengembalikan data lama. Yaitu, override dapat dengan mudah mengembalikan data sebelumnya. Sedangkan overwrite telah kehilangan data sebelumnya dan sulit untuk dikembalikan (kecuali ada fitur undo).

Nah, kini anda jadi tahu Perbedaan Override dan Overwrite di Istilah Pemrograman, semoga bermanfaat.

Star Rating:

Beri penilaian bintang untuk ini !

Kami senang atas respon anda...

Ikuti kami di sosial media untuk update terbaru!

Maaf atas ketidakpuasan anda!

Biarkan kami memperbaiki kesalahan!

Beri tahu kami apa yang perlu diperbaiki?

Bagikan ke teman:

Share!