Dunia SEO (Search Engine Optimization) nampaknya terus berkembang dari hari ke hari. Tak terlepas peran serta algoritma mesin telusur seperti Google, yang terus mengembangkan kecerdasan buatannya. Sebelum melangkah lebih jauh di dunia per SEO-an, maka anda perlu kenali Perbedaan dan Pengaruh Nofollow dan Dofollow serta cara penggunaan di Dunia SEO.
Perbedaan Nofollow dan Dofollow
Secara bahasa sudah terlihat jelas bahwa kedua istilah tersebut memang berbeda, sekilas kita pasti sudah memahami jika kedua istilah tersebut dialihkan ke bahasa Indonesia.
Nofollow dan Dofollow?
Yaitu, nofollow = jangan mengikuti dan dofollow = ikuti saja. namun mari kita bahas lebih detail untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang perbedaan nofollow dan dofollow.
Pengertian Nofollow
Nofollow adalah sebuah attribute pada tag anchor atau link HTML, berfungsi untuk memberitahukan kepada robot mesin telusur agar tidak mengikuti link tersebut. Dalam hal luas sebuah mesin robot telusur tidak diizinkan membaca link tersebut, sehingga dianggap angin lalu.
Link atau anchor tag html dengan attribute nofollow, sangat tidak disukai banyak orang yang artinya sedikit sekali manfaatnya bagi sebuah link yang ada didalamnya.
Link nofollow sering disebut juga sebuah backlink yang kurang berkualitas, namun tidak sepenuhnya begitu. Link nofollow kemungkinan mampu membuat situs website atau link muncul di page one Google juga, tergantung kualitas konten.
Contoh Penggunaan Link Nofollow
Berikut adalah salah satu contoh penulisan anchor atau link dengan attribute nofollow:
<a href="https://harustahu.info" rel="nofollow">Portal Artikel Seru</a>
Pengertian Dofollow
Dofollow adalah kebalikan dari nofollow, yaitu sebuah attribute pada tag anchor atau link HTML, berfungsi untuk memberitahukan kepada robot mesin telusur agar mencatat dan mengikuti link tersebut.
Dalam hal ini, mesin telusur akan mencatat dan membaca link tersebut secara menyelusurh dan mengumpulkan informasi di dalamnya.
Link dofollow sering disebut juga sebuah backlink yang berkualitas. Sehingga link dofollow mampu membuat situs website atau link muncul di page one Google juga, namun kembali lagi tergantung kualitas konten.
Contoh Penggunaan Link Dofollow
Berikut adalah salah satu contoh penulisan anchor atau link dengan attribute dofollow:
<a href="https://harustahu.info" rel="dofollow">Portal Artikel Seru</a>
Kesimpulan
Link atau anchor tag html dengan attribute rel nofollow dan dofollow memiliki perbedaan di mata robot mesin telusur.
Sepeti halnya sebuah izin yang diberikan untuk diperbolehkan membaca atau memilih mengabaikan sebuah link tersebut. Jenis dofollow adalah paling di sukai oleh banyak webmaster karena ini akan meningkatkan backlink yang berkualitas.
Nah, kini anda jadi tahu dan mempelajari hal tentang Kenali Perbedaan Nofollow dan Dofollow di Dunia SEO. semoga bermanfaat.