[X]
DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SETIAP PEKAN!

Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Aplikasi Website.

Home > Panduan Website > Pentingnya Teknologi Halaman AMP Pada Sebuah Website

Pentingnya Teknologi Halaman AMP Pada Sebuah Website

Apa Itu Halaman AMP
()

Halaman AMP adalah sebuah halaman ringan dari sebuah website, teknologi canggih ini didukung penuh oleh Google. Lantas apa sebenarnya dan siapa perintis AMP ini? Lantas apa manfaat adanya halaman AMP dari sebuah website?

Apa Itu AMP (Accelerated Mobile Pages) ?

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah kerangka kerja/framework HTML yang dikembangkan oleh Proyek Sumber Terbuka AMP (AMP Open Source Project). Pada awal project ini dibangun oleh Google sebagai pesaing Artikel Instan Facebook dan Apple News.

AMP dioptimalkan untuk menampilkan hasil penelusuran web seluler dan bertujuan untuk membantu memuat laman web jadi lebih super cepat.

Alasannya adalah halaman AMP dapat di-cache atau disimpan oleh CDN (Content Delivery Network), seperti Microsoft Bing atau cache AMP Cloudflare, yang memungkinkan website ditampilkan lebih cepat saat ada permintaan dari pengguna.

Sejarah Teknologi Halaman AMP

Teknologi AMP pertama kali dikenalkan pada 7 Oktober 2015. Setelah melalui berbagai percobaan teknis, halaman AMP mulai diluncurkan di hasil pencarian kata kunci Google mobile pada Februari 2016. AMP sempat menjadi kontroversi karena dianggap berpotensi memberikan kontrol diluar batas atas web ke Google.

Bahkan, Proyek AMP mengumumkan akan pindah ke model pemerintahan terbuka pada 18 September 2018. Hingga kini AMP telah mampu menjadikan akses sebuah situs website menjadi lebih ringan dan cepat, tentu saja teknologi ini di sukai banyak pengguna maupun pengembang website.

Manfaat Halaman AMP Pada Website

AMP pada sebuah website mampu mengoptimalkan kinerja, terutama dalam hal kecepatan akses atau membuka sebuah website. Dalam suatu kasus anda pernah melakukan pencarian dengan kata kunci “Aplikasi Penjualan Laundry” pada aplikasi Chrome Mobile lewat Android maupun Iphone.

Maka anda akan melihat hasil penelusuran yang dilengkapi simbol petir (AMP), itu tandanya sebuah website tersebut telah menjalankan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages).

Ketika anda mencoba melakukan klik maka dalam hitungan kurang dari 2 detik halaman telah muncul dengan informasi di dalamnya (sedikit loading dan lebih cepat). Itulah hebatnya teknologi AMP yang mampu membuka sebuah situs website dengan sangat cepat.

Kesimpulan

Sebuah website lebih disarankan melengkapi dengan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages), untuk mengoptimalkan kecepatan akses serta tampilan yang lebih fleksibel dan mudah di index oleh mesin telusur seperti Google, Bing dan lainnya.

Namun, proses pembuatan halaman AMP (Accelerated Mobile Pages) tidak bisa sembarangan, ada tags html khusus AMP dalam artikel mendatang mari kita bahas tentang “Cara Penerapan Teknologi AMP di Sebuah Website”.

Nah, kini anda mendapatkan pengetahuan baru tentang Pentingnya Halaman AMP Pada Sebuah Website, semoga bermanfaat.
Ikuti kami di Facebook untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat seputar website setiap hari.

Star Rating:

Beri penilaian bintang untuk ini !

Kami senang atas respon anda...

Ikuti kami di sosial media untuk update terbaru!

Maaf atas ketidakpuasan anda!

Biarkan kami memperbaiki kesalahan!

Beri tahu kami apa yang perlu diperbaiki?

Bagikan ke teman:

Share!