[X]
DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SETIAP PEKAN!

Wander Computindo, pengembang sistem website Indonesia. Jasa Pembuatan Website Perusahaan & Personal, Jasa Pembuatan Aplikasi Database Website, Jasa Pembuatan Aplikasi Custom, Jasa Perbaikan Program Aplikasi Website.

Home > Panduan Website > Kenali Perbedaan TLD Domain dan Premium Domain Jangan Salah Arti

Kenali Perbedaan TLD Domain dan Premium Domain Jangan Salah Arti

Perbedaan Premium Domain dan TLD Domain
()

Domain merupakan sebuah senjata utama seorang webmaster atau pemilik sebuah website, karenanya domain yang unik, ringkas dan mudah diingat sangat sering di cari oleh para webmaster. Sebelum membeli domain pastikan anda sudah mengenali Perbedaan TLD Domain dan Premium Domain.
Jangan sampai anda salah pilih karena keduanya hampir sama.

Perbedaan TLD Domain dan Premium Domain

Jika membedakan antara TLD (top level domain) dan Premium, sebenarnya cukup singkat. Ini dikarenakan keduannya adalah sama-sama TLD domain, namun ada sedikit berbeda.

TLD Domain (top level domain) adalah sebuah domain yang memiliki extension (akhiran) komersial dan diakui oleh Internasional. Biasanya top level domain memiliki 2 bagian saja yaitu nama domain dan extensionnya. Contoh dari TLD Domain antara lain .com .net .org dan .id untuk domain Indonesia yang terkenal.

Sebenarnya Domain TLD sangat banyak dan yang kami sebutkan di atas hanya yang sering dan umum digunakan oleh kebanyakan perusahaan atau perorangan di seluruh dunia.

Sedangkan Premium Domain adalah sebuah TLD Domain yang memiliki nama “unik” seringkali terdiri dari 4 digit. Biasanya domain premium memiliki nama yang bersifat obyektif seperti misalnya domain buku.com ilmu.com game.net baca.com, alasan disebut premium karena nama-nama yang digunakan sangat mudah dihafal banyak orang.

Harga TLD Domain dan Premium Domain

Harga sebuah top level domain per bulan Juli 2020. Saat artikel ini diterbitkan adalah berkisar antara 100 ribu s.d 200 ribu-an. Yang membedakan dengan Premium adalah harganya lebih mahal dibanding TLD Pada umumnya.

Bahkan harga sebuah Premium Domain bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta untuk sewa pertahunnya. Karena sistem penjualannya menggunakan sistem lelang atau penawaran tertinggi.

Tidak heran jika harga beli premium domain bisa mencapai nilai tersebut. Karena nama domain yang unik seringkali dijadikan peluang bisnis setiap orang.

Namun, jenis premium domain kebanyakan tidak dijual secara komersial di beberapa penyedia hosting di Indonesia.

Umunya premium domain telah terlebih dahulu di beli oleh seorang penyedia domain untuk kemudian dilakukan penjualan secara lelang, atau dengan penawar harga tertinggi. Sehingga premium domain sering dijadikan rebutan oleh para pembisnis.

Kesimpulan

Premium domain pada umumnya adalah sama yaitu TLD Domain juga, yang membedakan premium domain memiliki nama yang ringkas unik dan mudah di hafal banyak orang. Biasanya terdiri dari 3-4 huruf saja.

Sistem penjualan premium domain sering dilakukan lelang dengan penawaran harga tertinggi, dan jarang di jual secara komersial di penyedia hosting pada umumnya.

Nah, anda baru saja mempelajari Kenali Perbedaan TLD Domain dan Premium Domain Jangan Salah Pilih. semoga bermanfaat.
Ikuti kami di Facebook untuk mendapatkan informasi menarik seputar website setiap harinya.

Star Rating:

Beri penilaian bintang untuk ini !

Kami senang atas respon anda...

Ikuti kami di sosial media untuk update terbaru!

Maaf atas ketidakpuasan anda!

Biarkan kami memperbaiki kesalahan!

Beri tahu kami apa yang perlu diperbaiki?

Bagikan ke teman:

Share!